Home / Area Bandung / Libur Panjang, Kendaraan Diprediksi Padati Kawasan Lembang

Libur Panjang, Kendaraan Diprediksi Padati Kawasan Lembang

LEMBANG-Menjelang libur panjang pada akhir Oktober, Polsek Lembang Polres Cimahi memprediksi terdapat penambahan jum­lah kendaraan ke daerah wisata Lembang Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Kanitlantas Polsek Lem­bang AKP Asep Ratman mengatakan, libur panjang peringatan Maulid Nabi Mu­hammad SAW yang dibaren­gi dengan cuti bersama pada Rabu (28/10) hingga Minggu (1/11) diperkirakan akan me­nyedot wisatawan. “Prediksi hari Rabu mulai terjadi pen­ingkatan volume kendaraan wisatawan ke Lembang. Mer­eka mengunjungi sejumlah objek wisata, seperti The Great Asia Afrika, Floating Marker dan TWGC Grafika,” kata Asep, Senin (26/10).

Menurut dia, peningkatan wisatawan ke Lembang bah­kan sudah terjadi pada hari Minggu ini. Meski tidak sig­nifikan, volume kendaraan terpantau mengalami kenai­kan sekitar 60 persen pada hari Minggu. “Minggu ini terpantau volume kendaraan naik. Itu terlihat di simpang Beatrix, yang merupakan gerbang masuk Lembang dari Kota Bandung dan Ci­mahi, yang sudah mulai ada antrian,” katanya.

Untuk mengantisipasi kemacetan saat libur pan­jang, petugas kepolisian ber­jaga di simpul kemacetan dan persimpangan, serta mempertebal petugas jaga objek wisata. Rekayasa lalu lintas buka tutup jalan da­pat menjadi alternatif untuk mengurai kepadatan lalu lintas.

“Sejauh ini kami belum melakukan rekayasa lalu lin­tas, hanya penempatan per­sonel di simpul kemacetan, seperti di depan Grand Hotel Lembang dan pintu masuk objek wisata,” tutur Asep.

Lebih lanjut, dia mengim­bau agar wisatawan yang menggunakan kendaraan roda dua maupun roda em­pat senantiasa mematuhi aturan lalu lintas, serta men­ingkatkan disiplin berlalu lintas saat berada di kawasan wisata Lembang.

“Patuhi juga protokol kes­ehatan pencegahan Covid- 19, dengan melaksanakan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan men­jaga jarak,” tukasnya.(eko/ sep)

Check Also

Hadapi Libur Panjang, Polresta Bandung Siapkan 300 Personel

SOREANG – Jajaran Polresta Bandung menyiapkan personel khusus untuk mengamankan jalur hingga objek wisata. Hal tersebut …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *