Home / Area Bandung / Hadapi Libur Panjang, Polresta Bandung Siapkan 300 Personel

Hadapi Libur Panjang, Polresta Bandung Siapkan 300 Personel

SOREANG – Jajaran Polresta Bandung menyiapkan personel khusus untuk mengamankan jalur hingga objek wisata. Hal tersebut dalam rangka menghadapi libur panjang pada peringatan Maulid Nabi Muhammad.

Kapolresta Bandung, Kombes Pol Hendra Kurniawan mengatakan, terkait dengan libur panjang, pihaknya menyiapkan 300 personel khusus untuk daerah wisata dan jalur lintasan timur. ”Di timur kita bangun pos di Cikaledong untuk mengantisipasi seandainya terjadi kemacetan. Kita tetap menghimbau pada masyarakat untuk tetap tinggal di rumah. Karena corona ini belum berakhir,” kata Hendra saat memberikan keterangan di Mapolresta Bandung, Senin (26/10).

Sementara itu, Kasat Lantas Polresta Bandung, Kompol Erik Bangun Prakasa menambahkan, bahwa pihaknya akan membangun pos di Cikalegong, Nagreg, Cileunyi dan jalur wisata Ciwidey. Menurutnya, puncak arus mudik dan liburan jatuh pada Selasa sore (27/10) hingga Rabu (28/10).

”Untuk besok sudah dilaksanakan edaran dari Kemenhub terkait pembatasan kendaraan besar sumbu tiga atau lebih mulai tanggal 27 hingga 28 Oktober, kendaraan berat tidak boleh masuk jalur tol. Terkait arus balik diprediksi mulai 31 Oktober sampai 2 November,” jelas Erik.

Menurutnya, apabila nanti pihaknya mendapati kendaraan berat non sembako masuk tol, maka kendaraan tersebut akan dimasukan ke jalur arteri. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kemacetan pada libur Peringatan Hari Maulid Nabi Muhammad tahun 2020. ”Kita tetap prioritaskan semuanya, personel sudah di bagi di masing-masing pospam. 150 personel satlantas dan dibantu personil gabungan polsek dan sat sabhara,” akunya.

Erik menjelaskan, semua titik penting dan tidak ada yang tidak prioritaskan. Ia berharap, selama liburan masyarakat bisa selalu menerapkan protokol kesehatan. ”Kita masih dalam masa pandemi Covid 19. Kalau masyarakat tidak terlalu penting untuk melaksanakan liburan, lebih baik melaksanakan liburan di rumah saja dengan keluarga,” tuturnya.

Erik menambahakan, terkait dengan jalur Nagreg yang curam dan licin karena saat ini memasuki musim pancaroba setelah kemarau. ”Kita berharap masyarakat menyimpkan perlengkapan dilengkapi dan kesiapan fisik, kesiapan kendaraan cek kembali, sebelum melaksanakan bepergian liburan,” pungkasnya. (yul/rus)

Check Also

Libur Panjang, Kendaraan Diprediksi Padati Kawasan Lembang

LEMBANG-Menjelang libur panjang pada akhir Oktober, Polsek Lembang Polres Cimahi memprediksi terdapat penambahan jum­lah kendaraan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *