Home / jabar ekspress / Super Adventure Monster Road Kembali Hadir, Suguhkan Kompetisi Offroad Berbalut Entertainment

Super Adventure Monster Road Kembali Hadir, Suguhkan Kompetisi Offroad Berbalut Entertainment

BANJAR – Urban offroad pertama di Indonesia tahun ini memasuki musim ke-3 nya. Gelaran megah bertajuk Super Adventure Monster Road (SAMR) itu kembali hadir di tahun 2020. Kali ini pu­taran perdana diselenggarakan di Sir­kuit Lapangan Depan Terminal Banjar, Jawa Barat, Sabtu (14/3).

Selain serunya kompetisi offroad, di SAMR 2020 putaran pertama juga kental akan nuansa entertainment.

Sejumlah sajian nan menghibur se­perti konser musik dari Nasa Band, Band PSK (Pemuda Suka Klabing) dan special performance dari band ternama Shaggy Dog menghentak ribuan pasang mata yang memadati area Sirkuit.

Tak hanya itu, dalam gelaran ini penon­ton juga dilibatkan pada games adven­ture persembahan dari Super Adventure dan Parkia yang bermacam-macam je­nisnya. Pada even racikan Super Adven­ture, Genta Auto Sport dan Mariachi Production itu juga ada Monster Ramp, yaitu arena bermain skateboard. Terdapat Coaching Clinic BMX dari Rider-rider BMX professional Indonesia.

Sementara, untuk kejuaraan Super Ad­venture Monster Road kali ini penyelen­ggara membuka tiga kelas (1000cc, Under 2500cc dan Upper 2501cc) plus satu kelas tambahan yakni kelas Rookies yang di­peruntukkan bagi muda-mudi milenial berusia 18-25 tahun dan belum pernah mengikuti ajang SAMR sebelumnya mau­pun kompetisi offroad baik nasional ataupun regional. Artinya, peserta adalah yang benar-benar pemula untuk ikut merasakan atmosfer seru SAMR.

Ketua penyelenggara Monster road, Abed Nego mengungkapkan, untuk per­tama kalinya pihak penyelenggara mem­buka kelas rookie yang diperuntukkan untuk mencari bibit-bibit muda berbakat.

”Tujuan kami mencari rookie itu agar bibit-bibit muda banyak dan senang main offroad. Sementara untuk di entertainnya yang pasti baru sekarang ini kita ada free style bmx dan skateboard. Juga ada gra­fiti. Dan selain itu pajangan mobilnya atau foto both kita tidak semua dari Pa­jero kita menampilkan mobil yang unik,” ujar Abed ditemui di lokasi Sirkuit lapangan depan terminal Banjar, Sabtu (14/3)

Total peserta ada 27 peserta dari keseluruhan kelas, ada dari Yogya­karta, Jawa Timur sama Jakarta. Tujuh diantara­nya peserta Rookie be­rasal dari Banjar, Tasik dan Jakarta.

”Untuk Tim rookie panitia menyediakan dua mobil, kalau mereka bawa mobil sendiri juga boleh dengan pendaftaran yang berbeda,” ujar Abed.

Sirkuit lapangan depan terminal Banjar, dengan luas 150 kali 150 meter persegi menjadi ajang menunjukkan bakat bagi para offroader. Sebanyak enam rintangan dipasang. Beberapa obstacle serta han­dicap tambahan yang mesti ditaklukkan di lintasan. Selain Super Zigzag, Giant Tire, Super Car Challenge, Double Car Challenge, Jungkat Jungkit serta Super Ball Glugu yang sudah ada dari musim lalu, kali ini makin seru dengan tantangan Super Berm dan Super Vertical.

”Kurang lebih ada enam rintangan. Rintangan dipasang karena untuk sirku­itnya kebagi dengan entertain tidak ter­lalu banyak keluarn nanti next kita ganti rintangan. Untuk tingkat kesulitan kalau di tanah offroader pada senang, mungkin kalau sulit main di aspal,” ujar Abed.

Menurutnya, gelaran monster road di 2020 bakal diselenggarakan di delapan kota. Banjar, seri ke 28 Maret di Pati, se­telah lebaran di Tegal, Jawa Barat cuma di Banjar.

”Untuk pemenang seperti biasa yang 1000 cc under dan upper kita tetap men­ghitung total point pada juara umum, kecuali rookie kita masih mencoba di tahun ini kalau sudah banyak kita bikin seperti juara umum,” tan­dasnya.

Sementara itu, Fatya Nurrahman,28, salah satu peserta asal Yogya­karta yang bermain di dua kelas upper dan under mengaku sangat antusias dengan tantan­gan karena sejak pensiun dua tahun lalu dan baru kembali ikut berkom­petisi. ”Ini ikut pertama kali, main turun di moon­ter road saya disediain mobil tanpa cobain sebelumnya, jadi saya latihan dan coba dan menurut saya tracknya keren. Sebe­lumnya offroad cuma dua tahun fakum. Perbedaan di segi track adventure itu lebih ke alam. Kalo monster road track­nya tidak bisa ditebak,” ujar Fatya

Persaiangan di serinpertama ini Kata Fatya cukup ketat, dia harus bersaing dengan juara umum yang telah mendu­duki posisi pertama. Sehingga, pertan­dingan kali membuat dirinya harus me­nyiapkan nyali dan mental lebih.

”Saya berharap di seri berikutnya dapat mensetup sendiri mobil yang akan di­gunakan,” ucapnya. (adv/ziz)

BERIKUT HASIL BALAPAN:

KELAS ROOKIE

  • Juara 1 Wildan Choky dari Genta I AM JEEP GALUNGGUNG.
  • Juara 2 Rizal Saprol/Reza Kecut dadu BGUNDAL SQUAD, dan juara 3 Evan Adi / Anton dari TLCI SMG RAYA.

KELAS 1000

  • Juara 1 Doddy / Antok dadi RHJRT. Juara 2 Adam Faras / Mustakim dari 7 ALI.
  • Juara 3 Mochtar Hadi / Susanto dari TRIE SM GARAGE.

KELAS UNDER

  • Juara 1 Andy S / Udin dari TEBOXS IDEK PATI.
  • Juara 2 Fatya Nurrohman / Gita Samudra dari IM PRODUCT CARA ZARO.
  • Juara 3 Reffi P / Tarno dari IM PRODUCT CARA ZARO.

KELAS UPPER

  • Juara 1 Andy S / Udin dari TEBOXS IDEK PATI.
  • Juara 2 Fatya Nurrohman / Gita Samudra dari IM PRODUCT CARA ZARO.
  • juara 3 Reffi P / Tarno dari IM PRODUCT CARA ZARO.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *