Home / Area Bandung / PT PLN Masifkan Program Humanity Project untuk Industri 4.0
BERJABAT TANGAN: Direktur Human Capital Management PT PLN (Persero), Muhammad Ali (kiri) saat berjabat tangan salam komando dengan Komandan Sesko AD Mayor Jendral K. Dewantara di Sesko AD Bandung, kemarin.

PT PLN Masifkan Program Humanity Project untuk Industri 4.0

BANDUNG – PT PLN masifkan program humanity project sebagai cara untuk kesiapan menghadapi revolusi industri 4.0. Langkah prioritas yang bakal dilakukan seperti peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Dalam sambutannya saat Upacara Penutupan Program Pembinaan Fisik dan Karakter Prajabatan S2 tahun 2019 di Sesko AD Bandung, Direktur Human Capital Management PT PLN (Persero), Muhammad Ali mengatakan, bahwa generasi milenial harapan Indonesia yang merupakan talenta PLN, harus memiliki fisik yang prima, jiwa nasionalisme dan kemanusian, kedisiplinan serta tata nilai PLN yang tetap mengutamakan aspek K3.

Hal ini untuk menciptakan perubahan positif bagi Indonesia yang lebih baik. “Siswa Prajabatan S2 angkatan 68 adalah program future leader development yang pertama di PLN. Sehingga, selama program pembinaan fisik dan karakter yang dijalani ada kegiatan kemanusian yang bersifat sosial,” katanya.

Tujuan dari project humanity ini adalah program PLN untuk rekrutmen S2, sebab banyak dari mereka merupakan orang-orang Dispora, sebelum masuk ke PLN.

“Tujuan pertama, kita harus bekali mereka jiwa kebangsaan terlebih dahulu, karena PLN juga merah putih. Kedua, ialah disiplin, karena untuk mengerjakan tugas dengan sukses dan cepat caranya memiliki sikap disiplin,” tegasnya.

Sealin itu, setelah menjalani pelatihan di Sesko AD ini, Muhammad Ali menyebutkan, mereka dapat survive, sebab pada saat di lapangan mereka akan menemukan hal-hal yang berbeda baik itu kondisi yang serba minim dan terjadi bencana alam.

“Mereka harus memilik jiwa korsa terlebih dahulu, sebab mereka akan diposisikan sebagai future leader, maka harus diawali dari paling bawah, mengikuti job training, dari program ini mereka lebih paham bagaimana mengambil keputusan, selanjutnya mereka akan difloating di seluruh wilayah Indonesia,” terangnya.

Selama tiga hari, 32 peserta ini telah mengikuti kegiatan dari humanity project, yang difokuskan di Dusun Cikeyeung Desa Sindangsari Kabupaten Sumedang. Lokasi ini dipilih lantaran wilayah ini berada di pelosok dan kondisi mata pencaharian warga belum memadai.

“Selain itu kondisi geografisnya terjal dan jauh dari jalan besar, bahkan warganya kebanyakan sebagai tukang kebun, petani, kuli bangunan dan buruh,” terangnya.

Program ini juga dibagi keempat bidang, mulai dari bidang pendidikan targetnya ialah segmen balita dan anak-anak umur 5-11 tahun. Mereka langsung diajarkan oleh peserta humanity project. Selanjutnya bidang lingkungan alam, ibu-ibu sebagai target pada segmen tersebut, edukasi yang disodorkan ialah penyuluhan dan pembuatan pupuk kompos, dan terakhir ialah bidang kesejahteraan. Dimana bidang ini lebih membantu masyarakat dalam memperbaiki masjid, balai desa, dan saluran air, serta dilakukan juga penelitian berupa survey layanan listrik.

“Dengan jumlah KK 195 dan warga 335 orang, kebutuhan mereka tentu sangat banyak, terutama pendidikan dan fasilitas umum, pada kesempatan ini fasilitas umum merupakan yang paling diprioritaskan,” jelasnya.

Komandan Sesko AD Mayor Jendral L. Dewantara menjelaskan, para peserta humanity project ini mengaku tidak terlalu mengalami kesulitan selama 10 hari tersebut, sebab mereka berpendidikan tinggi.

“Pada prinsipnya tetap sama, hanya saja kadar pendidikan yang diterapkan berbeda dengan siswa TNI pada umumnya, seperti bagaimana menanamkan kedisiplinan, integritas, loyalitas, bagaimana bisa tahan banting, sebab idealnya untuk pendidikan militer sendiri seharusnya selama 3 bulan tetapi ini hanya 10 hari, maka porsinya saja yang berbeda,” pungkasnya. (mg3/drx)

Check Also

Paling Siap Sambut Revolusi Industri 4.0

BANDUNG – Presiden RI Joko Widodo menyebut, di antara kota di seluruh Indonesia kota Bandung adalah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *